Tips Memilih Bass Baru/Bekas buat Pemula

Tulisan ini diturunkan buat yang pemula seperti saya ya?! Yang udah pada hebat apalagi yang pro, mohon segera angkat kaki dari tulisan ini agar supaya terhindar dari marabahaya.
Nah, Buat agan2 Bassist (pemain bass) atau guitarist (pemain gitar) pemula hendaknya selalu memperhatikan beberapa hal dalam memilih alat musik ini disaat membeli. Ada baiknya bertanya kepada pemain bass yang lebih profesional agar kalian tidak tertipu dan menyesal nantinya bila tiba di rumah.
AWAL
Wood: (kayu) Pada electric gitar dan bass kayu merupakan bahan utama pembuatan alat music ini. Ada beberapa kayu yang mempengaruhi sound pada bass. Bass pada umumnya dibuat dari kayu mahoni, maple, walnut dan sebagainya. Perhatikan juga kayu pada neck karena maple dan rosewood memiliki karakter sound yang berbeda.
Neck: (Leher) Perhatikan neck apakah masih lurus atau sudah bengkok atau sudah pernah patah, cek pada truss rod nya. Truss rod berfungsi untuk mensetting neck atau meluruskan dan membengkokkan neck sesuai keinginan. Kalau neck sudah bengkok sebaiknya urungkan niat kamu untuk membeli bass tersebut.
Tune Machine: Perhatikan tune machine dan coba putar, pada tune machine tidak boleh terlalu keras dan macet.
Electronic: Untuk mengetahui elecktronik pada bass kita harus mencobanya menggunakan ampli. Bagi yang tidak tahu apa itu ampli, mohon segera ke kamar mandi lalu ambil air wudhu. *ngakak*  Coba perhatikan dan dengarkan suara sound dari pick up dan tone controlnya apakah ada banyak dengungan atau noise. Untuk pick up tidak boleh ada banyak noise. Klo bisa buka bagian tone control karena didalamnya terdapat banyak kabel dan komponen tapi hati-hati kesetrum yach :). Cek apakah terdapat bekas terbakar atau pernah ganti komponen. Kalau sudah terdapat banyak gonta-ganti komponen dan ada bekas terbakar atau lapisan alumunium foil sudah rusak sebaiknya jangan dibeli.

Nah, Sekarang kamu sudah sedikit punya bekal untuk dibawa saat memilih bass idaman kamu. Tapi ingat setelah kalian sudah membeli bass jangan lupa untuk melatih kekuatan jari karena pemain bass dituntut untuk memiliki jari lentur yang kuat, hal ini bisa kalian lakukan dengan latihan fingering menggunakan metronome.
Saya kira bisa dipahami...

0 komentar:

Posting Komentar