Kemenangan Fatin Shidqia Di "X Factor" Dipertanyakan

Musisi senior Hakim Tobing menilai kemenangan juara X Factor Indonesia, Fatin Shidqia, sangat kontroversial. Ia mempertanyakan sistem yang dianut oleh pihak penyelenggara ajang tersebut, RCTI.

Hakim menilai, secara kualitas dan teknik vokal, suara Novita Dewi (finalis lainnya), jauh lebih dahsyat daripada Fatin. Ia juga menilai bahwa semua mentor dan juri X Factor yang terdiri dari Rossa, Bebi Romeo, Anggun dan Ahmad Dhani, sudah mengakui karakter suara Novita yang lebih matang. Mereka berempat pun menurutnya terpesona akan kekuatan suara Novita yang powerful.



Menurut Hakim, kalau penentuan pemenang grand final X Factor ini melalui dukungan voting layanan pesan singkat (SMS) saja, maka hal itu sungguh disayangkan. Seharusnya menurutnya, keempat juri pun bisa menentukan pilihannya, karena mereka adalah juri yang berpengalaman, di samping (lewat) voting SMS.

"Kalau begitu caranya, peserta yang memiliki uang berlebih dan bersuara bagus, bisa saja menang dengan mudah, yakni membeli semua SMS di negara ini dan mengirimnya agar memenangkan voting dengan jumlah terbanyak. Hal ini kan jadi lucu. Padahal sebenarnya masyarakat sudah bisa menilai secara cerdas, siapa yang layak jadi juara secara kualitas dan berbobot," ujar Hakim, di Jakarta, Minggu (26/5).

Akibatnya, lanjut penyanyi senior yang juga pengamat musik itu, banyak masyarakat yang kecewa dengan kemenangan tersebut. Menurut Hakim, banyak pihak yang bertanya pada dirinya, kenapa peserta dengan kualitas suara lebih baik, justru kalah atau menjadi nomor dua di ajang X Factor. Selain itu menurutnya, banyak juga pernyataan yang mempertanyakan kemenangan yang diraih oleh Fatin.

Hal itu, menurut Hakim lagi, bukan dikarenakan sosok Fatin maupun Novita yang dinilai, tetapi lebih pada kualitas suaralah yang seharusnya yang menjadi prioritas. Dalam hal ini, ia menilai, sepertinya penyelenggara mengesampingkan unsur kualitas suara yang selama ini menjadi penilaian dalam penentu kompetisi menyanyi.

Hakim juga mengaku tak setuju dengan "faktor x" yang memberi kemenangan pada seseorang dalam kompetisi. Pasalnya menurutnya, ketika suatu saat nanti, Fatin berkompetisi nyanyi di luar negeri membawa nama musik Indonesia misalnya, kualitas suaranya sudah terukur sampai di mana. Sementara, hal berbeda menurutnya, ada pada Novita yang memiliki kekuatan penuh pada karakter suara.

"Apalagi, Ahmad Dhani sebagai musisi, juga mengakui bahwa suara Novita sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, karena kualitas dan teknik vokal yang begitu luar biasa. Bahkan dikatakan, jika ada ajang untuk mencari penyanyi hebat, Novita mutlak sang juaranya," tutur Hakim.

Selain kualitas suara yang tak perlu diragukan lagi, Hakim juga menilai bahwa gaya Novita sudah sangat matang untuk berada di panggung besar. Bahkan menurutnya lagi, baik lagu Indonesia maupun lagu barat, penyanyi tersebut sudah dapat membawakannya secara tenang dan mengagumkan.

0 komentar:

Posting Komentar