Wawancara PURGATORY dengan Extreme Post

1.Well bro....gimana kabarnya PURGATORY sekarang? dan siapa yang lagi jawab interview ini?

Alhamdulillah, anak2 bae'2 aja... ini gua, Al Ignath & L.T.F, yg ngejawab intview kalian, yg lain pada ga bisa ikutan nih....

1.a. Boleh yang sekarang? tau line-up dari formasi PURGATORY
L.T.F [gitar 1], Al Ignath [drum, loops], D.I.E [gitar 2], SANDMAN [vocal, turn tables], MAD-MOR [growl, vocal], D’JACKAL [cdj, turntables, sample, keys], BONE [bass]

1.b. Kira-kira kapan formasi ini terbentuk? Panggung pertama dg formasi ini?
formasi ini perdana PRJ 16 juli 2005.


2.Seperti yang kita tahu, konsep musik PURGATORY di album yang sekarang (7:172) sangat berbeda dengan album yang
terdahulu, apa kalian sudah jenuh dengan konsep terdahulu?.
Iya, album 7:172 itu album yg kita rilis di taun 2003, yg menurut anak2 kita dah nyoba lebih mateng dalam konsep cover,
lyric, arransement, nada, dll....

Mungkin kalo di bilang jenuh sih engga' juga, karena kalo lu pada merati'in detil lagu2 di album ini banyak yang di warnain dari ambang kepunahan, dari segi lyric, patern, nada, dll, cuma packaging nya aga' berusaha di sempurnakan walau masih banyak cacatnya setidaknya kita dah coba man... Tapi Insya Allah, kekurangan2 yang ada di sini kita coba
beresin deh di next album....do'ain ya guys......

2.a. Tolong ceitain proses pengerjaan album diatas? (dari persiapan materi, recording/mixing, design cover, kalo bisa
dg penanggalan -kalo inget gitu lho- hehe..._ed)Kendala-kendalanya?
Wah... kendalanya banyak bgt!! Kami ngerampungin album "7:172" makan waktu 2 tahun, mulai penggarapan sampe masalah distribusi. Kenapa lama?….di samping nyari kualitas penggarapan musikalitas dan sound yg maximal menurut kami, biasalah masalah klise, “budget”. Jadi wkt itu sekitar thn 2001, purgatory fakum semenjak thn 1999, purgy waktu itu L.T.F, Al, D.I.E, Enti, SANDMAN, MAD-MOR sepakat mo garap album baru, Cuma dana minim banget, akhirnya kami putusin untuk bikin demo dulu, ngerecord sendiri menggunakan pc dirumah gue (L.T.F).
Kami berhasil bikin 2 lagu + 1 lagu remix : Dragdown, Pathetic & Inferno(ambang kepunahan). Terus sempat 3 lagu itu kami perbanyak (sekitar 400 copy) dalam format CD dan di jual seharga Rp 6000,-/pcs.
Thn 2002-2003, kami membranikan diri untuk buat v-clip perdana “Pathetic” yg di sutradarai oleh Anggy.
Setelah itulah kami bertemu dgn Ronnie Zhabreak (ZR record), dan dia setuju untuk memproduseri purgy. Dari niat hanya menjadi sound engeneer, lanjut menjadi produser dengan banyak hal yg harus di pertimbangkan dan pada akhirnya lahirlah ZR Record yang menjadi label purgy berbarengan dengan rilis album ‘7:172’ yang didistribusikan oleh SONY, maslah cover ZR Record dan purgy mempercayakan kepada Thova “EndOne” dgn konsep dari purgy dan thova sendiri.

2.b. Ada cerita menarik yang tak terlupakan saat merampungkan album ini? Ceritain donk...
Cerita menarik?? Hmmm… apa yaa? Paling anak2 stress berat mikirin kapan rampungnya nih album sampe2 SANDMAN sempet cabut dari purgy, trus sempet nyari vocalist pengganti (sempet nyeleksi)….tapi emang jodohnya di purgy, dia balik lagi.

2.c. Jujur ya... apa kekurangan dan kelebihan dari album ini? Puas dengan hasil ini?
Kekurangannya, setiap manusia gak ada yang bakal puas sih tapi buat karya emang di haramkan untuk puas! He..hee. Menurut gw sih mungkin di segi komposisi lagu masih kurang, terus bagian vocal kurang detil kerapihannya, kualitas sound jg kurang di bandingkan bule2 itu pada dahsyat2 banget, mungkin karena keterbatasan ilmu dan tehnologinya kali ya/ Terus yang pasti agak mengecewakan bagian duplikasi!! Waduh itu hasil kaset/CD di bandingkan master jauh banget!!! Gw sebelnya di duplicating di otak-atik lagi sih, mending mereka ngerti maksud dan tujuan final audio processing kami.
Kalo kelebihannya……Hmmmm…… Covernya bagus!!! Hee..he…
2.d. Dalam album ini kalian menambahkan instrumen PC dan turn table, apa yang ingin kalian sajikan kepada para penikmat
musik PURGATORY? Ribet gak waktu di panggungnya?
Sebenarnya kami bener2 suka sama mahluk yang namanya MUSIK, jadi apapun benda yang bisa menhasilkan musik minimal bunyi dan selama kami bisa menguasainya….ya kami lampirkan di lagu2 purgy. Kalo Sampling (pake PC) & turntable ada di album ini itu se-mata2 perwujudan dari perkembangan musikalitas kami. Kalo ngomongin ribet, ya jelas ribet lah!!! Tapi selama kita suka sama suatu pekerjaan walaupun kita maksa untuk mengerjakannya, pasti yang namanya ngerasa repot atau ribet bakal jauh dari perasaan kita. Tull gak!!??

2.e. Pernah gak pas mau manggung PC-nya 'hang' atau lagi error? (tolong sebutkan waktu dan tempat/acaranya_ed) Tetap
tampil atau urung unjuk gigi?
Haa….ha… PERNAH!!!! Sial!!!…. Waktu itu purgy maen di acara Launching Album Kompilasi Metaloblast di Auditorium Bulungan, gara2 slot PCI di computer rusak, otomatis sound card gak ke baca!!! Tapi anak2 cuek bebek, the show must go on Bro!!!! Yah hasilnya akal2an diatas panggung, IMPROVE coy ha…ha..!!

2.f. Di setiap penampilan PURGATORY rata-rata personilnya memakai aksessoris seperti topeng dan body/mask-painting,
emang kemauan masing2 personilnya atau kalian ingin menciptakan sebuah brand image bagi PURGATORY?
Sebenernya asal muasalnya sekitar thn ’98 (kami cerita ini bukan nggak mao di cap ngikutin SLIPKNOT, tapi terus terang mereka salah satu influence kami). Di thn itu yg namanya slipknot belom masuk di Indon.
Waktu itu formasi purgy ‘98: gue(L.T.F), Al Ignath, D.I.E, Arie Tulanx (growl) dan Bobby (bass). Kami lagi proses rekaman album “Ambang Kepunahan”, singkat cerita Bobby (bass) hengkang dari purgy, padahal dia baru ngerampungin 2 lagu dan masih ada 13 lagu lagi yang belom selesai (part bass). Akhirnya di lanjutin sama BONE (sekarang gantiin posisi Enti). Dan itu berlangsung sampai tour album, jadi karena pada waktu itu Bobby kami anggap merupakan aset band yg dahsyat dan kami nggak mao keilangan power itu, jadi kami tipu audience dengan Bobby bertopeng (padahal itu BONE dengan stage act yang di mirip2in Bobby, memalukan sekali ya…he2). Itu berlangsung sampe akhir ’98 selanjutnya BONE di gantikan posisinya oleh Enti (dengan perform bertopeng juga) dan di pertengahan ’99 purgy fakum sampe 2001 dan selama itu orang2 taunya purgy BUBAR.
Pertengahan 2001, kami berkumpul lagi dengan bermodalkan 4 lagu Dragdown, Pathetic, Impious, Hipocrishit, kami nekad buat v-clip “Pathetic”.
Nah di sinilah ide topeng & body painting berkembang, jadi topeng & painting di dalam v-clip punya makna penampakan diri yang negatif. Karena liyricnya sendiri menceritakan bejadnya seseorang yang menghabiskan hidupnya dengan drugs. Dan terusterang perform itu juga merupakan salah satu strategi kami untuk menyita perhatian audience, karena purgy sudah lama fakum dan banyak yang nyangka bubar.
Pada akhirnya kami memutuskan untuk bertopeng di setiap penampilan purgy.

2.g. Gimana pembagian karakternya? (seperti si amor dg body/mask-paintingnya, etc_ed) Punya sendiri tim artwork-nya atau
dikerjakan sendiri?
Pembagian karakter? Itulah yang membedakan kami dengan band bertopeng lainnya, kami lebih memilih acak, di setiap pertunjukan kami berpenampilan beda. Basic-nya, topeng – topeng kami melambangkan sisi bobrok manusia.
Kalo artwork sebagian besar di kerjakan sendiri. Dari painting sampai pembuatan topeng, tapi tetap di bantu sama team EndOne dan temen2 juga.

3.Di album kalian yang sekarang ini gw lihat ada beberapa musisi guest star macam EetSjahranie dari EDANE juga ada Ari
Tulang ..etc,gimana proses deal-deal-an nya dengan pihak management mereka?

Oh itu, iya, mas Eet dan Bonita dah mau repot2 bantu ngisi satu lagu (paranoia), big thanx buat mas Eet dan Bonita, awal nya yg ngenalin kita mas Ronnie ZR(sound engineer 7:172), kan dia sound sound engineernya edane juga... Kalo Arie memang satu tongkrongan

3.a. Trus, kalo Ari Tulang gimana? Apa yang membuat mereka tertarik membantu PURGATORY?
Wah supaya nggak terjadi kesalah pahaman sebaiknya gw jelasin dulu dikit. Arie tulanx disini bukannya mas Ari Tulang yang di AFI yah..! melainkan ex-vocalist purgy waktu album Ambang Kepunahan. Kami memang masih akrab dengannya sampe kami memintanya ngisi beberapa part growl di lagu Sanctimonious.

4.MOGSAW salah satu lagu Favorit gw... bisa kalian jelaskan makna dari lagu tersebut?

MOGSAW ya?....

Messenger

Of

God

Salallahu

Alaihi

Wasallam

a.k.a Rasulullah SAW, a.k.a Muhammad bin Abdullah, nabi terakhir, rasul terakhir, manusia yg menjadi alasan kenapa Allah ingin menciptakan seluruh langit dan bumi beserta isinya, Rahmatan lil alamin, manusia yang nur nya adalah ciptaan Allah yg pertama sebelum menciptakan seluruh langit dan bumi beserta isinya.... Masya Allah....
Pokoknya lu pada pasti pengen banget deh ketemu Beliau dan di lindungin di barisan nya di padang mashar nanti.. amin... ya
lagu ini ngomongin nabi besar Muhammad SAW dan ekspresi rasa sayang, salut takjub, kangen nya kita sama Beliau dengan ala purgy.

4.a. Menilik dari liriknya yang rata-rata religius, apa yang kalian ingin sampaikan kepada pendengar? Ada miksi dakwah?
Pernah ada yang komplain dari penggemar kalian(maaf...-ed.) yang diluar muslim-?
Hmm…terus terang kami semua berfikir, kami bermain musik tapi kami pengen bermain musik yang bermanfaat, minimal buat diri sendiri, kami punya paham kalo akar dari kehidupan itu ya religi. Maka dari itu kami pengen bermusik tapi bermanfaat buat hidup kami dan kami semua muslim makanya yang kami tuang ke lyric islami.
Kalo komplain alhamdulillah nggak ada, dan memang lyric kami enggak menghujat agama lain lagi pula gak ada manfaatnya!!

4.b. Kalo dulu orang menyebut aliran musiknya PURGATORY dg 'Islamic Death Metal', sekarang jadi apa donk?
STRIGHT METAL..!!!! Yah…terserah lah mereka mo katagorikan aliran purgy apa, kalo menurut kami pengotakan jenis aliran itu kan cuma alat komunikasi supaya orang setidaknya kebayang kira2 jenis musik apa yang di usung suatu band walau orang tidak harus mendengar musiknya. Tapi gara2 istilah ini banyak yang salah kaprah dan mereka benar2 mengotak2kan musik yang sebenarnya masih satu roots yaitu ROCK dan METAL.
Unite for all of us!!!

4.c. Siapa aja yang menulis lirik2 religius ini? Inspirasinya datang dari mana aja?
Semua lyric di tulis oleh SANDMAN, di arrange oleh purgy. Inspirasi dari kehidupan se-hari2, pengalaman pribadi, sosial, mahluk di sekitar, apa2 yang kita liat, dengar, rasa, dan yang pasti Pencipta alam semesta ini.

4.d. Lagu-lagu andalan kalian di album ini? Alasannya?
Bagi kami semuanya lagu andalan alasannya kami menggubahnya nggak asal2an, semuanya kami konsep secara matang (promosi…yeah). Jadi andalan di antara andalan-andalan kami milih M.O.G.S.A.W. hee…hee…

4. e. Diluar kegiatan band apakah kalian terlibat dalam kegiatan keagamaan spt majelis ta'lim atau pengajian?
Diantaranya siapa aja?
Alhamdulillah semua ikutan, lagian pengajian itu lebih mengasyikkan ketimbang kita baca buku. Di pengajian kita bisa dikusi apa aja dari religi, masalah kehidupan sampe musik plus ngejaga silaturahmi.

4.f. Pernah terpikir gak oleh kalian untuk membentuk pangajian khusus teman2 ug, mengisi bulan puasa dg buka bersama,
atau buat pesantren kilat? Khan berpahala, daripada buang2 waktu utk nongkrong yg gak jelas manfaatnya...
Wah… ide mulia tuh!!! InsyaAllah dari yang deket dulu.
4.g. Beberapa tahun silam musik ug rentan menjadi trial by press, spt di majalah ADIL, HU Suara Pembaharuan dan Tabloid
Jum'at bahwa musik ug adalah musik setan, apa komentar kalian? Solusinya agar musik ug tak dicap negatif?
Gimana yah….abis dari kitanya juga sih kadang suka yang enggak2..!!
Solusinya Cuma pembuktian aja kalo kita tuh sebenernya gak seperti yang mereka bayangin. Kami suka yang namanya DEICIDE, C.O.F, IMPALED NAZARENE, etc, tapi kami gak mau ambil bulat2, kami ambil positifnya sisanya buang ke WC!!!


5.Gw sangat tertarik dengan clip PHATETIC nya..bisa ceritain dikit tentang proses,lokasi,modelnya, dan memakan waktu
berapa hari?

Pathetic video clip di direct sama duo brothers Khrisna Anggara(dhani-agnes, flip, dewa, dll iklan2x) dan Bounty Umbara(taboo, bunglon, master Q, dll) pd akhir 2002 lokasi nya di abandoned-unfinished building di daerah cassablanca, modelnya adalah abang tercinta dari duo brothers Fajar Badaruzaman(master Q, Gerbang 13, oblivious insanity, dll) proses shooting nya seharian, siang shooting film (scene cerita) nya, malem shooting scene band, post prod nya makan waktu sampe sekitar 1 bulan. Setelah album rilis, barulah v-klip kami tayang di Mtv walaupun v-clip itu ampir basi lantaran udah banyak yang tau, masalahnya v-clip sempat kami jadikan demo untuk mempresentasikan band ke semua label di jakarta dan itu satu tahun sebelum album rilis!!!

5.a. Lagu PURGATORY lainnya yg dibuat klipnya apa aja? (tolong diceritain seperti pertanyaan diatas_ed)
Awal 2004, kami bikin lagi v-clip ke dua “Oblivious Insanity”. Clip ini memang kita kami buat merupakan sequel dari “Pathetic” Director masih sama, Khrisna Anggara. Tapi bedanya v-clip ini kami garap dengan dana minim, beda sama yang pertama. Total shooting 4 hari, 3 hari untuk scene cerita (karena lokasinya banyak) dan 1 hari untuk scene band yang lokasinya di Blewah studio. Itu bener2 low budget, sampe2 kami ngakalin gunsmoke(alat untuk efek asap kalo di film atau di panggung) itu pake KEMENYAN!!! Haaa…haa, keluar dari studio mata pada tindil!! Sampe tuh ruangan studio bau menyan gak ilang ampe 3 bulan!!!

6. Di dalam cover kaset / Cd kalian tertadapat slogan "Boycott Israel Destroy Israel". Apa komentar kalian tentang
perang yang terjadi antara Israel dan Palestine dari sudut pandang kalian?

Yang namanya perang itu adalah berbuat kerusakan di muka bumi, lu buka qur'an deh (gua lupa ada di ayat dan surat berapa)
jelas banget di situ bahwa "Allah benci dengan orang2 yang suka berbuat kerusakan di muka bumi" Rasulullah aja ga suka perang,, beliau di paksa sama kondisi orang2 yang amat bodoh pada zaman nya.

6.a. Cara-cara protes lewat lirik dan tulisan dalam media lainnya biasa kita lakukan, tapi secara fisik dan pengerahkan massa rasanya teman2 ug belum pernah, seberapa efektif menurut kalian protes dg musik dan turun ke jalan?
Kalo menurut kami, semua itu cuma alat komunikasi, percuma aja kalo kita protes apa lagi sampai turun kejalan tapi kenyataannya penerapan RELIGI di dalam kehidupan kita minim. Solusinya kita didik generasi yang akan datang supaya menebar aura positif di segala aspek kehidupan.

7. Pendapat kalian mengenai TERORISME yang selalui identik dengan ISLAM?
Seperti yang udah kita bahas tadi, Allah benci dengan orang2 yang berbuat kerusakan di muka bumi, dari situ sebenarnya udah jelas bahwa penyelesaian suatu masalah itu nggak perlu pake kekerasan, justru kekerasan itu malah menimbulkan masalah baru yang lebih dahsyat.

8.Setiap Band pasti punya influence masing-masing... nah dari PURGATORY sendiri influencenya siapa aja?
Influence kita dari dulu sampe sekarang, banyak banget man.... Bjork, Sepultura, Obituary, Messiah, Cynic, Slipknot, Indonesian Ethnicity, Dream Theater, wah gak mungkin gua sebutin semua deh.... pokoknya apa yang kita liat, kita denger, kita temuin, adalah guru buat kita, termasuk temen2, sahabat, reality, langit, dunia dan isinya itu semua influence banget buat kita.....

8.a. Bagaimana cara mensiasati agar ide masing-masing dapat menjadi satu kesatuan utuh dalam sebuah lagu mengingat
masing-masing dari kalian berlatar belakang dan influence yang berbeda?
Yang pasti kita harus siap mental kalo suatu saat ide kita di tolak mentah2 sama personil lainnya, tapi jangan juga karena kurang berkenan langsung di tolak ide dari saudara kita. Biasanya kami tampung dulu semua ide2 yang keluar, kalo ada ide yang kurang pas, kami coba sekuat tenaga untuk menyesuaikan ide ini ke ide2 yang lain. Kalo nggak pas juga, kami simpan (gak di buang) karena kami yakin suatu saat pasti bisa di gubah. Intinya hargai ide atau karya orang lain walau kedengarannya aneh atau norak sekalipun (kecuali yg gak orisinil alias nyontek) sebab ide itu merupakan ilham dan ilham itu Gift dari Yang di atas!!

8.b. Siapa biasanya yang diterima pendapatnya oleh grup kalau kalian menemui jalan buntu dalam menentukan tema atau musik, mengapa?
Semuanya bikin, numpahin ide menurut keahlian dan influence-nya masing2 dan semua rata, ada yang di terima ada yang enggak, tapi jarang yang enggak di terima karena sebelum kami ngumpulin materi ide kami menyatukan visi dan misi terlebih dahulu, jadi materi ide yang di tawarkan juga sudah agak terarah. Kalo kami kedapetan jalan buntu biasanya kami tinggal dulu sementara materi itu, kami punya kebiasaan begitu buat menghemat energi dan memori, soalnya dalam penggarapan aransemen lagu keadaannya rentan sama yang namanya stress.

9.Menurut kalian Label yang profesional itu seperti apa?
Label yg profesional itu bukan label yg rakus, yg mikirin untung duluan, tapi ga punya cara yg jelas dan efektif gimana biar produk nya tu bisa laku, ga usah laku deh, setidaknya semua orang tuh tau kalo ada produk baru yg keluar....
label yg profesional itu yaaa sebaaliknya gitu deh, manajemen nya kuat....

9.a. Pernah dikecewakan oleh label? Bagaimana kisahnya...
Sebenernya sih pernah, tapi iu cuma kecewa karena keterlambatan informasi, yah mereka gak bisa di salahin juga sih, masalahnya ruang lingkup kerja mereka skala nasional, dan gak mudah mendapatkan informasi dgn cepat apalagi kalo lebel itu sistem penjualannya titip jual di toko kaset (sebagian besar label di indon menggunakan sistem itu) jadi musti tunngu barang ygang gak laku kembali ke label.

9.b. Selain mendapat royalti yang jelas, apa aja keuntungan menjadi band yang albumnya dirilis oleh major label?
Terus terang untuk masalah royalti di major label kami kurang paham. Karena kami belom pernah langsung terjun ke major label. Yang pasti kalo mereka mao curang sebenarnya kita ini kaum musisi merupakan sasaran empuk. Karena mereka susah di lacak, sekarang gini aja…. Ada berapa toko kaset di seluruh negri kita tercinta ini? Ada yang tau….???.

9.c. Apa dampak baik dan buruk bagi PURGATORY setelah go-publik dalam major label?
Gw bingung setiap kali orang ngobrol atau diskusi tentang lable pasti nyangkanya purgatory itu major label, atau karena ada embel2 SONYnya. Kalo gw pikir major atau indie label itu sama aja, sekarang tinggal kita yang milih mao yang jalur distribusinya luas sehingga album kita terjangkau sampai ke pelosok tapi penjualan susah di lacak atau pilih lingkup distribusi kecil sampai orang susah menemukan album kita tapi penjualan lebih gampang di lacak?
Jadi dampak baik di indie, terus terang kami lebih bebas berkarya, buruknya kita musti siap2 ngeruk isi kantong sendiri jadi abis rilis album jatuh miskin haa..haa!!

9.d. Album 'diambang kepunahan' khan dirilis oleh ROTORCORP/Musica, koq di album '7:172 beralih ke PRS/Sony, kenapa?
Apa perbedaan mendasar dari kedua label tsb dalam penggarapan album2 PURGATORY?
Sebenernya sih gak ada alasan khusus, emang kebetulan aja pas di PRS agak lebih enak karena ada kenalan di sana. Gak ada bedanya, mungkin di PRS agak terbuka manajemennya karena seseorang tadi.

9.e. Gak tertarik untuk ber-indie label lagi? Pernah ada label indie yang mangajukan diri tuk merilis album2 PURGATORY
selanjutnya?
Justru kami ini masih INDIE LABEL!!! Jadi label yang kami pakai itu ZR Record tapi didistribusikan oleh SONY, begitu juga waktu album Ambang Kepunahan, Rotor corp. itu kan indie label yang mendistribusikan produknya ke MUSICA (major label). Makanya kami merasa lucu waktu jaman metaliklinik 1, pada waktu itu ada beberapa pihak mao memboikot kami dengan alasan BOIKOT MAJOR LABEL. Kalo yang ber-major label tuh contohnya Burger Kill, S.I.D, mereka langsung di tangani oleh SONY Ina, SuckerHead dengan Aquarius, Peterpan dengan Musica, etc. Tapi mereka nggak pantas untuk di boikot kan?

10. Ceritakan sedikit mengenai proses album PURGATORY 7:172 ini, diiikiiiiit aajaaa..

Pertama proses rekamannya, waktu itu kami pakai di 3 tempat; 1% di Blewah studio (vocal), 49% purgatorial studio (drum, gitar, bass, sampling, turntable, vocal), 50% di ZR Record meliputi recording vocal, sound engeneering, mixing dan mastering. Setelah selesai kami sempat menawarkan master hasil rekaman ke major label seperti PROSOUND, EMI, BMG, MUSICA, ALFA record, Reswara sampai ke SONY, tapi kami memutuskan untuk ber-indie label menggunakan label ZR Record lalu mendistribusikannya lewat PRS di bawah naungan SONY Ina.

10.a Trus... untuk album selanjutnya apa materi2nya udah siap? Bakal dirilis label mana? Kapan? bocorannya ya donk....
Sampai saat ini kami masih ngumpulin materi2 buat album berikutnya yang di jadwalkan rilis awal thn 2006.

11.Apa kalian ada niat untuk album selanjutnya pake Guest star Aa Gym &Ust.Arifin Ilham?

Busssyet guest star di album Aa' Gym atau Arifin Ilham???? mau ga mereka?
asik juga tuh, ajakin dong....

12.Kegiatan anak-anak Purgatory Selain Di band?
Yah seperti yang laennya, ada yang kerja konfensional, ada yang ngajar prifat, ada yang wiraswasta. Abis industri musik kayak kita di indonesia belum mapan sih, tapi itu salah satu yg ingin kami perjuangkan, INDUSTRI MUSIK CADAS INDONESIA!! Masa kalah sih sama dangdut yang kata orang norak, katro, kampungan tapi kenyataannya perjuangan mereka berhasil!!!!Yang penting kami minta dukungannya dari seluruh penganut musik cadas di Indonesia. Sudah saatnya musisi cadas nggak perlu mikirin perut supaya mereka fokus sama karyanya!!!

12.a. Yang gw tau, Al dulu main di KUCING DAPUR, band session-nya anak2 KODUSA. Gimana kelanjutannya? Udah sampai ke dapur
rekaman? Koq gak kedengaran lagi?
Yang di KUCING DAPUR itu Lulu (gitar) dan dia juga di KODUSA, nah si Al ngebantuin KODUSA di posisi drum, sampai sekarang masih tapi Cuma di belakang layar, khabarnya kodusa lagi cari drumer tetap, sekarang ini masih pakai additional drumer, Oky (drumer TABOO). Dan Kodusa ikutan juga dalam kompilasi keluaran ZR record “Revolution of Sound”, kabarnya bulan juli ini rilis insyaAllah.

12.b. Mengatur waktu adalah bagian tersulit, apakah ada jadwal tetap untuk PURGATORY latihan? Kapan aja & dimana?
Iya neeh!!! Andaikan badan ini bisa di bagi2….Purgy latian tiap rabu malam di Blewah studio. Yah bisanya seminggu sekali lantaran waktu dan keadaan yang memaksa.

12.c. Ada gak personil PURGATORY yang udah berkeluarga dan punya momongan?
Sorry no coment (pak red pertanyaan ini gak usah di masukin ya, gak penting!! Thanx)

13.Gimana kalo Drumer tercinta kalian dicabut sama Dream Theatre dan Mike Portnoy Masuk ke PURGATORY?
GIla lu, pertanyaan apa ngeledek???? Tapi kalo emang bener DT nyabut gua gantiin Portnoy tanpa paksaan dari mana2,
ya mau aja lah, duitnya pasti banyak, ntar gua kumpulin buat bikinin studio pribadi buat purgatory, trus kan Portnoy
di Purgatory, pasti dengan maen yang seGila itu dan nama yg segede itu Purgatory langsung ngetop, gua (Al) jadi produsernya
deh....

13.a. Pendapat kalian tentang perkembangan musik ug ditanah air?
Bagus, cuma sayang perlu bersatu lagi, doktrin (yg positif) biar kita gak Cuma bisa bikin letupan2 kecil, Yang kita pikirin sekarang gimana supaya kita bersatu bahu membahu bikin letupan besar….sebesar letupan bomb atom. Biar kita muncul di permukaan, dan gak ada lagi istilah Under Ground di dahi kita, melainkan Kaum Cadas (aneh banget namanya, gak keren hee..hee).

13.b. Panggung PURGATORY yang sangat berkesan?
Pertama acara Metaloblast 2004, udah komputer gak bisa idup di tambah lagi yang punya alat tau gak ngerti apa gimana, masak routing D.I box ke balik, gw kan pake drive dari ampli tapi yang keluar di sound tembak clean, asli…sepanjang manggung gitar gw gak ada distorsinya!! Dan sialnya gw gak tau karena gw denger dari ampli dan itu full distortion.
Kedua kemaren di PRJ tgl 3 juli, pas intro Hipocrishit, gara2 crew prj yg sok tau kabel output dari komputer dibalik gak nanya2 lagi karena sebelumnya komputer sempet gak keluar suaranya, pikiran dia kabel kebalik, padahal bus dari software yang berubah ke posisi default. Walhasil metronom keluar di sound tembak!! TAK..TOK..TOK..TOK..!!! haa…haa…!!!

13.c. Saat ini khan sedang berlangsung Pekan Raya Jakarta, yang gw tau PURGATORY juga sebulan ini manggung 3 kali di sana,
gimana prosesnya? Dan lumayan gak nih honornya? Hehe... Biasa khan cuma beraksi di panggung UG, gimana respon pengunjung
yang rata-rata awam dg musik ug ini?
Iya tuh, mungkin ini rejeki purgatory kali ya karena kebetulan manager purgatory juga orang sponsor utama di PRJ. Mungkin emang ude sifat manager band kali ya, jadi bossnya dia cekokin lagu2 purgy!!! Dari gak suka ampe gak tau deh gw bilangnya….ya nggak tau ada angin apaan tau2 tuh boss nyuruh purgy maen di PRJ malahan tadinya 4X. WHAAT!!! Manager gw langsung panik sejadi-jadinya, akhirnya di rayu2 mao juga itu boss ngurangin jadwal jadi 3X (juni 26, juli 03 & juli16) masalahnya Slank band papan atas aja maennya 2X, bisa ada keceburuan sosial neh!!! Tapi ternyata rekan2 musisi nggak ada yang mempermasalahkan. Honor ya lumayanlah bisa nambahin gw beli headcabinet + gitar Schecter baru…alhamdulillah!
Pengunjungnya full brutal abis!!! Ikut nyanyi….ada yg pake topeng….wah pokoknya asyik & seru banget deh!!! Siapa bilang rata2 awam??…. Pokoknya brutal deh!!!!



13.d. Band2 UG lokal yang berpotensi dan album2 bagus indie/major UG lokal versi kalian? Sebutkan sebanyak-banyaknya...
Siksa Kubur
Tengkorak
Prosatanica
Stright Out
Killed By Butterfly
Virgin Marry
Stupid Nation
Fist of Theraphy
Reaction
Burger Kill
Sunday’s Blue
Inner Beauty
Divine
Inner Struggle
Sinusitis
Back Off
Black Redamption
Master Wu
Valiant
Kodusa
Dead Junkys
Etc…….ntar kalo gw tulis semua x-post edisi ini bisa 500 halaman hiii…hii!!

13.e. Menurut kalian PURGATORY itu apa sih? Dilihat dari persepsi, sudut pandang, misi, visi,
Waduh pertanyaannya agak gamang neh…. Tapi gw coba jawab, sorry kalo gak nyambung!!
Sudut pandang purgy…..semua aspek, jangan sekali2 mandang sesuatu sebelah mata, apapun itu!! Contohnya dari segi hasil karya, ingat kita semua harus belajar menghargai karya orang kecuali bajakan ya. Karena orang dalam proses menciptakan suatu karya memerlukan pengorbanan waktu, tenaga, etc!! Dari kita mencoba menghargai itu banyak ilmu dan ilham yang tumpah ke benak kita. Gak nyambung yaa?
Gini..gini.. menurut kami purgatory itu apa? Purgatory itu sekumpulan musisi yang rada2 maksain kehendak padahal mereka tau kalo yang mereka kerjain itu suatu hal yang berat tapi diantara kendala2 yang mereka hadapi terdapat obsesi tinggi untuk tetap di atas permukaan. Nah yang ini agak2 nyambung kayaknya, whoy pak Red ngasih pertanyaan susah2 amat seeh, puyeng gw ah!!

14. Ok.. Bro.. Thanx atas waktunya ... amanat kalian untuk para metal headz?

Thanx juga buat Alam, Nanjar and crews udah nyediain halaman buat kita, it means alot man untuk para metal heads, stay away from drugs, yg muslim2 jgn tinggal shalat, kerjakan di awal waktu sebisa mungkin, kiamat menjelang, tanda2 yg di ungkapin Rasulullah di hadistnya dah banyak yang keluar, stay positive, jgn seru2 amat ma dunia, jalanin aja sewajarnya, jgn banyak marah2, jgn banyak murung2, cheer up, to live is to die man

OK...thanx alot, good luck y'all, Assalamu'alaikum....wr, wb....

3 komentar:

Posting Komentar